Rabu, 21 Mei 2014

Mata Kuliah: Sosiologi Agama
Dosen         : Dr. H. Aceng Kosasih, M.Ag.


PENGANTAR SOSIOLOGI AGAMA
(Pertemuan Pertama)


1. Pengertian Sosiologi Agama
    Agama dalam disiplin ilmu agama dapat diartikan dengan seperangkat aturan yang harus dipegang teguh oleh pemeluk agama. Akantetapi, dalam Sosiologi, ketika berbicara tentang agama, agama tidak berbicara tentang apa seharusnya atau agama mana yang benar. Tetapi, Sosiologi agama berbicara mengenai fakta apa yang terjadi di masyarakat beragama baik latar belakang agamanya, perilakunya, apa yang difahami oleh pemeluk agama tentang apa yang dianutnya, struktur sosial dalam agama, dll. Sosiologi memandang agama sebaga sebuah fenomena sosial. Dengan demikian dapat diartikan bahwa Sosiologi Agama adalah disiplin ilmu yang mempelajari masyarakat beragama.
   
Sosiologi agama tidak mengkaji masalah metafisik. Akantetapi, mengkaji masalah empirik yang terjadi menyangkut individu dan kelompok-kelompok. Pokok-pokok kajiannya adalah dimensi sosial dari agama dan aspek-aspek agama yang mempengaruhi perilaku individu dan sosial. Fokus kajiannya menurut Keith A. Robert adalah kelompok dan lembaga keagamaan baik pembentukannya, kegiatannya, perilaku individu dalam kelompok keagamaan ( ritual dan sosial), konflik antar kelompok keagamaan,  
2. Metode Penelitian Sosiologi Agama
    Pada Sosiologi agama perspektif yang digunakan adalah data empirik dan objektif. Data yang diambil harus dapat diobservasi. Metode yang digunakanakan antara lain:
     a. Deskriptif yaitu metode penelitian tentang dunia empiris yang terjadi pada masa sekarang/
     b. Komparatif yaitu
     c. Eksperimental yaitu metode pengujian terhadap suatu teori yang mapan.
3. Tempat dan Fungsi Sosiologi Agama
4. Kelahiran dan Perkembangan Sosiologi Agama
4. Jenis-Jenis Sosiologi Agama

Tidak ada komentar:

Posting Komentar