Senin, 04 Mei 2015

Rangkuman Buku: Metodologi Penelitian Sosial dan Ekonomi (Prof. Dr. H.M. Burhan Bungin, M.Si.)

Rangkuman Buku

Metodologi Penelitian Sosial dan Ekonomi: Format-format Kuantitatif dan Kualitatif untuk Studi Sosiologi, Kebijakan Publik, Komunikasi, Manajemen, dan Pemasaran

Penulis: Prof. Dr. H.M. Burhan Bungin, M.Si.

Penerbit: Kencana
Cetakan ke-1, Maret 2013



Bab 1 Pendahuluan


A. Manusia dan Ilmu Pengetahuan

            Pada Sub-bab ini, Bungin menjelaskan mengenai hubungan manusia dengan ilmu pengetahuan. Bungin menyebutkan bahwa sudah menjadi hasrat bagi manusia untuk selalu ingin tahu. Dijelaskan pula bahwa secara historis terdapat dua fase perkembangan pengetahuan manusia. Fase pertama adalah fase pemberitahuan dimana Tuhan mengajarkan nama-nama berbagai benda dan makhluk terhadap nabi Adam (sebagai manusia pertama). Adapun fase kedua adalah fase pemberitahuan dimana manusia mendapat pengetahuan dari pengalaman yang mereka alami sendiri. Pengetahuan-pengetahuan yang didapatkan pada kedua fase tersebut kemudian diwariskan secara turun temurun ke setiap generasi.
            Selanjutnya, berbagai macam pengetahuan terus mengalami perkembangan. Hal ini disebabkan  karena produk berpikir manusia yang terus menerus timbul karena hasrat ingin tahu manusia yang tak pernah habis. Dalam buku ini, Bungin juga menjelaskan bahwa perkembangan pola pikir manusia menyebabkan manusia sadar bahwa Ilmu pengetahuan bukan satu-satunya jawaban dari rasa ingin tahu manusia terhadap kebenaran. Menurut Bungin, filsafat, seni, agama dan lainnya merupakan partner ilmu untuk menuju kebenaran.  Beliau mengutip pendapat Einstein yang menyebutkan bahwa “ilmu tanpa agama adalah buta, dan agama tanpa ilmu adalah lumpuh.


Tulisan ini hanya ringkasan. Tulisan lebih lengkap silahkan langsung baca dibuku aslinya J


B. Penelitian dan Ilmu Pengetahuan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar